Aplikasi KNOX Samsung

Jeng jeng…
Selamat siang perkenankan saya manusia yang super gaptek ini mengulas sedikit tentang aplikasi KNOX yang diusung oleh salah satu pioneer smartphone yaitu Samsung. Ingat ya, Samsung saja. Jangan nanya kalo merk laen ada apa enggak. Jawabannya ENGGAK ADA. This is only bang Samsung punya.
Itupun hanya Samsung dengan type-type tertentu. Setau saya minimal sih Note 3 keatas. Samsung dengan spesifikasi dibawah Note 3 masih belum ada. Binggo !

Apa sih KNOX itu. Jawabannya, kalau mau terperinci dengan bahasa IT yang canggih silahkan Google saja. Banyak kok penjelasan tentang aplikasi ini disana. Contohnya web www. yangcanggih.com ini, yang mengulas detail tentang aplikasi ini. Tapi saya mencoba belajar menulisnya di web ini dengan segala keterbatasan dan ke-gaptek-an saya.

Jadi gini..
Aplikasi KNOX itu disebut juga aplikasi end-to-end yaitu dia diciptakan dari apliksi sampe hardware nya terpisah.
Jadi misalnya nih kita buka aplikasi KNOX, itu tuh kayak dunia yang berbeda ketika kita keluar dari aplikasi ini meskipun kita menggunakan hape yang sama. Tentu saja untuk mengakses KNOX kita wajib memasukkan password. Jadi KNOX tuh bener-bener VVIP banget deh, makanya saya akan menyebutnya disini sebagai dunia KNOX. Didunia KNOX tuh sangat aman, pribadi dan very easy.
Contohnya saya nih, pake Note 3 ya kayak biasanya. Bisa facebook-an, twitter, email, bbm, bisa juga download aplikasi via Google Play, trus bisa juga capture screenshoot kapanpun. Begitu kita masuk dunia KNOX jeng jeeeeng…aplikasinya sangat terbatas. Kita gak bisa lagi download aplikasi-aplikasi di Google play, hanya bisa download aplikasi yang tersedia di toko aplikasi semacam Google Play gitu tapi sangat limited.
Masih bisa selfie gak ? bisa doooog..
Tapi gak ada camera360 ya ciint, cuman ada kamera biasa. Trus foto yang kita ambil menggunakan kamera saat berada di dunia KNOX gak akan bisa di share ke aplikasi diluar KNOX. Sama sekali !!
Bikin file-file di dunia KNOX juga gak akan bisa diambil, di screenshoot dan di share ke aplikasi yang gak ada di dunia KNOX. Very limited kan ?

Jadi dunia KNOX dirancang terpisah dari dunia pribadi di smartphone.
Di dunia KNOX ruang gerak pemakai sangat dibatasi guna mencegah kebocoran data. Makanya aplikasi yang disediakan juga terbatas. Setau saya aplikasi chatting yang disediakan didunia KNOX hanyalah Tango. Email apapun bisa didaftarkan ke KNOX. Email ini nantinya digunakan untuk situasi urgent dimana jika HP hilang maka KNOX bisa dinonaktifkan dan ditarik semua datanya melalui akun email ini.Canggih kan ? Makanya banyak sekali perusahaan-perusahaan yang menggunakan aplikasi ini untuk berbagi file/data rahasia.

Itu aja sih yang mau saya bagiin. Sorry banget kalau bahasa saya amburadul karena saya sama sekali gak berkompeten di bidah IT, jadi ngejelasinnya juga semampu saya. Yang udah punya smartphone dengan aplikasi KNOX didalamnya, selamat mencoba !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *