Sego Liwet

Jadiii…
Kemarin pas di FB saya nyetatus pas hari minggu masak sego liwet, ada beberapa teman yang tanya. Eh…gimana sih resep sego liwet ? Ada juga kebetulan tetangga dikampung halaman yang kebetulan sering denger dari ibuk saya tentang kemahsyuran sego liwet buatan menantunya.
Jadi memang sego liwet yang biasa saya buat mencontek dari resep yang biasa dari suami sering bikin. Suami adalah chef favorit teman-teman setiap dia berkunjung ke kantor cabang. Pasti temen-temennya pada nagih dibuatin sego liwet sama beliau. Kalau sudah begitu, dia akan menyanggupi karena memang ngeliwet adalah acara yang bisa membuat orang berkumpul dan lupa sama hutang #eeehh

Jadi resep liwet suami adalah (Saya buat untuk 4-5 orang yang makannya porsi kuli)
3 gelas takar beras, cuci sampai bersih
2 bh serai, keprek
3 lembar daun salam
3 bh daun bawang ukuran besar, iris kasar
5 siung bawang merah (boleh diutuhin, boleh diiris kasar)
3 siung bawang putih (boleh diutuhin, boleh diiris kasar)
1 sdm minyak goreng
1 sdt garam, dan sedikit penyedap rasa

Saya biasa masak pake magicjar dengan air normal.Cemplungin semua bahan diatas beras yang sudah dikasih air. Pada saat setengah matang, aduk biar bahan2 tercampur didalam nasi.

Hidangkan selagi panas, lebih enak sih dimakan diatas daun pisang dengan sambel terasi, pete/jengkol goreng, ikan asin, tempe/tahu goreng.

FYI, ini resep sego liwet yang saya dapat dari suami. Mungkin ada beberapa orang yang memiliki resep berbeda. It’s okay, yang penting sego liwetnya dimasak dengan cinta..eeeaa….
Selamat mencoba ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *