MUNGGAHAN

Hayo siapa yang tau arti judul tulisan saya sekarang ?
Apa sih munggahan ?
Baiklah, saya akan tulis apa itu munggahan. Munggahan adalah tradisi yang saya kenal berasal dari suku Sunda. Tradisi ini identik dengan persiapan makanan yang berbeda dari hari biasa (baca : istimewa) untuk mengawali sahur dibulan Ramadhan. Jadi, apabila Anda yang beragama muslim dan menjalankan ibadah puasa mulai besok (Minggu, 29 Juni 2014) maka Anda akan melakukan tradisi munggahan pada Minggu dini hari. Biasanya orang-orang yang melakukan tradisi munggahan akan masak lebih banyak, lebih enak dan lebih istimewa dari biasanya. Nah karena tradisi inilah yang membuat pasar ramai sekali pengunjung. Sebagian besar orang yang melakukan tradisi munggahan menyukai menu daging (ayam atau sapi). Saya sih berfikir mungkin tradisi ini muncul untuk memberikan semangat bagi anggota keluarganya untuk menjalankan ibadah puasa pertama mereka. Bahkan di lingkungan tempat saya tinggal dulu di tanah Sunda, ada yang namanya arisan paket. Banyak sekali jenis paketannya. Ada paket sembako, paket kue lebaran, paket alat elektronik dan dapatnya setiap menjelang lebara. Ibu-ibu disekitar tempat tinggal saya dulu banyak yang ikutan arisan paket daging sapi, dimana bila mereka ikut 5 kg daging sapi, yang 2 kg akan diminta saat munggahan dan yang 3 kg diminta saat menjelang lebaran.

Bagi saya sih sah-sah aja melakukan tradisi munggahan. Tapi adakalanya saya berfikir kenapa harus pertama puasa makan enak, lalu selebihnya makan sekedarnya. Lalu bagi yang tidak mampu kasihan kalau mereka harus memaksakan diri menghidangkan menu yang terkesan mewah. Kesannya jadi foya-foya ya ? Tapi apapun bentuk tradisi tetap saja hanya sekedar traidisi. Yang penting niat dan menjalani puasanya kan ?

Terlepas dari itu semua, mau semewah apapun menu munggahanmu kalau terlambat bangun untuk sahur besok pagi semua percuma….hahahhaa..
Oh ya, saya mau masak menu munggahan nanti malam buat suami saya si Akang Kabayan tercinta…
Happy fasting all !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *