Meralat Peran Istri dalam Rumah Tangga

Apa yang terfikir seorang laki2 ketika dia memutuskan untuk menikah/ berumah tangga ? Pastilah menginginkan kehidupannya lebih baik dari sebelum menikah. Atau mungkin ada yang bilang, mencari kebahagiaan. Bahkan tak sedikit yang menikah karena ingin tak banyak masalah yang muncul (meski itu persepsi yang 1000% salah, karena justru setelah menikah permasalahan lebih sering datang untuk menguji).

Finally, seorang laki2 mengajak menikah seorang perempuan yang menurut dia tepat untuk menguraikan semua harapannya itu. So, dari sini saja kita simpulkan bahwa apapun dan siapapun itu, wanita punya peran sangat penting dalam sebuah rumah tangga.

Pada kenyataannya, adat istiadat ketimuran kita sudah menetapkan bahwa sepatutnya seorang istri tunduk dan patuh pada suaminya. Oh…tidak hanya adat istiadat yang berbicara seperti itu, dalam agama pun ditetapkan hal yang sama. Hanya saja, perlu ditekankan dalam kepatuhan tersebut berlaku bahwa “selama sesuai dengan aturan agama”. Atau lebih pas lagi jika dikatakan “Kepatuhan terhadap Tuhan diatas kepatuhan kita terhadap suami”.

Namun ketika dalam proses berumah tangga, tidak sedikit seorang istri mendapatkan diskriminasi “berbicara dan berkomentar” oleh suaminya sendiri. Tak jarang pula malah mendapatkan perlakuan kasar (KDRT) ketika menyampaikan hal tersebut pada si suami. Padahal apa yang disampaikan itu benar.

Tapi banyak laki2 yang memperlakukan istri seolah hiasan, pelengkap, atau sekedar pembantu dalam kelangsungan hidupnya.

Itu salah besar!!!

Seorang istri mempunya hak yang sama…

Menyediakan kebutuhan suami,

melengkapi kekurangan suami,

merangkul suami ketika suami rapuh,

membelai suami ketika membutuhkan kelembutan,

menjadi lentera ketika suami tersesat,

dan menjadi bagian dari tulang rusuk suami hingga suami mampu berdiri untuk melakukan sesuatu yang membahagiakan bagi dirinya dan keluarganya.

 

Suami tidak punya hak untuk  untuk menghalangi seorang istri berbuat baik dalam rumah tangga. Jika itu terjadi, itu sama halnya seorang pria menjadi sesuatu yang tak lebih baik dari sebelumnya.

So guys..thinking about this !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *