Lebih Baik Atau Lebih Enak ?

Love you
Love you

Pernah dengar pepatah “lebih baik dicintai daripada mencintai” ?
Dengar dari mana atau dari siapa ?
Kalau saya, bapak sendiri yang bilang….

Dulu kala, karena usia bapak dan ibuk terpaut 10 tahun cenderung ibuk sangat ngalem sama bapak. Lahir dari keluarga yang cukup mampu, ibuk tentu saja sedikit lebih nyaman hidupnya ketimbang bapak yang kala itu mbah nang hanya sebagai petani biasa. Nanti lain waktu saya akan bercerita tentang bagaimana keluarga bapak 🙂
Bapak menikah di usia 29 sementara ibuk di usia 19. Pada usia 20 tahun ibuk sudah menggendong saya kemana-mana ^^
Kata bapak, karena wanita selalu benar :p ibuk sering banget purik. Nah kalau udah purik, ibuk biasanya bawa saya pergi kerumah orang tuanya (mbah kung). Tapi, kata bapak..karena bapak cinta sama ibukmu..bapak nyusul kerumah mbah mu. Bukan hal yang mudah tentu saja, wong lanang dengan segala ego-nya dan tentu saja resiko kalau menjemput istrinya kerumah orang tuanya karena ada masalah pastilah di”sidang” dulu. Lagi-lagi…karena bapak cinta sama ibukmu makanya bapak bisa berkali-kali melakukannya.

Itu cerita bapak pada saat saya dulu mulai berani berterusterang kalau saya sudah punya pacar. Makanya, bapak bilang cari laki-laki yang mencintaimu. Wong lanang itu lebih banyak logikanya dibanding perempuan yang banyak pakai perasaan. Kalau kamu lebih cinta sama dia ketimbang dia cinta sama kamu, kamu akan sering sakit hati karena dikit-dikit main perasaan kan ?.
Sementara kalau dia lebih cinta sama kamu, biarpun kamu cuman setengah hati dia bisa berjuang dengan membuatmu jatuh cinta nantinya….

Bapak adalah laki-laki…
Tapi dia menasehati anak perempuannya dengan mengatakan “lebih baik kowe dicintai daripada mencintai”.
Buat saya, memang lebih “enak” dicintai daripada mencintai. Orang yang mencintai kita akan meletakkan kebahagiaan kita diatas kebahagiaanya. Jangan bilang mencintai harus ditunjukkan dengan cara romantis atau alay. Tapi bentuk cinta itu lebih ke tanggungjawab dan kesetiaan.

Medio, Banjarbaru 05122016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *