Diet Sehat 5 No Rules

Diet
Diet

Halo lady’s…..
Ciyee…lagi bermasalah sama berat badan ? Sama dong ! Hahaha…
Saya menulis ini karena ini hal yang paling menggelitik karena fenomena maraknya program diet dan obat kurus yang ditawarkan.
OCD
OCD

Yang saya tau program diet yang paling hits terakhir adalah OCD. OCD atau kepanjangan dari Obsesive Corbuzier’s Diet ini di populerkan oleh Dedy Corbuzier seorang mentalis ini terbukti banyak sekali yang berhasil. OCD ini diet yang beracuan pada waktu. Berapa lama kita boleh makan dan berapa lama kita stop gak boleh makan dalam 24 jam. Rentan waktu boleh makan disebut sebagai jendela makan. Ada jendela 8,6 atau 4 jam. Waktunya bebas kita yang tentuin. Pokoknya dalam waktu 24 jam kita hanya boleh makan pada rentang jendela makan yang sudah kita tentukan. Kalo 4 jam berarti yang 20 jam musti puasa. Puasa disini masih boleh minum air putih kok, bukan puasa beneran kayak bulan Ramadhan gitu. Trus selama jendela makan kita bebas makan apapun. Apapun….catett !!!

juklak Food Combaining
juklak Food Combaining

Ada lagi yang lagi nge hits, yaitu FC atau Food Combaining. Kalau FC mah acuannya bukan waktu tapi pola dan bahan makanan. FC itu ada juklaknya (semacam aturan main) yang mengatur kita harus sarapan apa, trus makan juga gak bisa sembarangan. Misalnya kalo makan nasi kombinasinya gak boleh ma daging hanya boleh sama sayur (karbohidrat gak boleh dicampur sama protein). Kalo mau makan daging ya jangan makan nasi, makan aja sama sayuran. Penemu FC sebenarnya mengklaim bahwa mereka menerapkan ini bukan untuk menurunkan berat badan atau untuk program diet. Tapi untuk pola makan dan hidup sehat. Menu yang seimbang sesuai dengan kerja sistem pencernaan.Jadi kalo mau FC-an siapkan dana untuk beli sayuran dan buah lebh banyak dari biasanya. Oh ya, enaknya FC adalah tetep bisa makan malam (asal sesuai juklaknya) asal tidak lebih dari jam 8 malem. Catet ya sistaaahh…

Tya Subiyakto Before-After
Tya Subiyakto Before-After

Nah, semalam (Jumat, 16 Oktober 2015) saya lagi nonton TV di Metro acara Kick Andy dengan bintang tamu Tya Subiyakto. Saya tertegun dengan perubahan drastisnya yang selama 2 tahun bisa menurunkan berat badan dari 95 Kg ke 52 Kg. Binggo !!.
Dia menerapkan diet “5 No Rules” alias 5 pantangan dalam makanan dia. yaitu :
1. No Nasi
2. No Minyak
3. No Santan
4. No gorengan
5. No Gula
Caranya hampir sama dengan FC sih. Pagi-pagi dia sarapan dengan minum jeniper (jeruk nipis peras) atau bisa diganti lemon. Trus sampai siang dia minum jus buah campur sayuran. Siang dan malam makan sayuran atau buah atau menu lain asalkan tidak melanggar 5 aturan tadi. Ini lebih ekstrim sih menurut saya, tapi tergantung kondisi juga sih. Lha Tya sendiri kan menerapkan pola ini karena over weight dan menyebabkan dia sempat sakit parah. Kalau yang kondisini belum parah mungkin bisa menerapkan 4 No, atau 3 No dari poin-poin tersebut. Yang jelas emang 5 poin itu kalo berlebihan emang gak bagus buat kesehatan.
Yang bikin saya terkesan adalah ungkapan dia bahwa “kamu adalah refleksi dari apa yang kamu makan”.

Dari ke 3 cara diet tadi, semua tetap dianjurkan untuk tetap berolahraga. Olahraga itu penting, jadi jangan fikir kalo udah kurus gak perlu olahraga. Salah tuh…
Pencetus OCD Dedy Corbuzier rajin nge gym sementara Tya Subiyakto senang berolahraga yoga dirumahnya.

Olahraga
Olahraga

Jadi, kalian mau diet pake cara yang mana ?
Ingat, kalau kita bisa merubah diri kita menerapkan pola hidup yang sehat maka orang-orang disekitar kita juga akan ikut kebawa sehat.
Selamat mencoba dan tetap konsisten !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *