Cara Mudah Bangun Sahur

Hore….sebentar lagi puasa. Alhamdulillah..kita akan segera melakukan ibadah puasa lagi. Ibadah yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim diseluruh dunia. Sebab puasa dilakukan di bulan Ramadhan , bulan penuh rahmat dan ampunan. Aamiin…
Selama bulan puasa kita akan melakukan aktivitas rutin seperti buka puasa, sahur, dan sholat tarawih.
Ada gak sih dari kalian yang merasa beraaatt banget untuk bangun saat sahur. Nah ada 4 tips simple agar mudah bangun saat sahur.

PASANG ALARM

images
Jangan sampai lupa untuk pasang alarm. Jaman sekarang gak perlu weker, hampir semua handphone ada aplikasi alarmnya. Kecuali gak punya handphone, ya sungguh teeerrlaaalu….. Hehee.
Oh ya, sebaiknya bikin alarm dalam beberapa waktu. Contohnya harusnya kita bangun jam 3, maka alarm sebaiknya di setting jam 2.15 dan jam 3. Kalau perlu setting juga alarm di jam 3.15.
Kenapa ? Karena beberapa dari kita (*saya siiih begini..) kadang punya kecenderungan habis matiin alarm tidur lagi. Niatnya sih sebentar tapi kebanyakan malah bablas…hahhaa. Alamat lemes besoknya ^^. Jadi dengan disetting dalam beberapa waktu kalau kita gak bangun di alarm pertama, maka kita bisa bangun di alarm kedua, atau ketiga.

LETAKKAN ALARM JAUH DARI JANGKAUAN
Alarm-clock_2093184b
Biar gak suka tidur lagi habis matiin alarm, jadi letakkan alarm tersebut jauh dari jangkaun kita. Jadi kalau mau matiin alarm musti bangun, duduk atau jalan sebentar. Eh, tapi jangan sampai ya naruhnya kejauhan misalnya didapur atau di ruang tamu. Yang ada malah gak kedengeran bunyi alarmnya, atau malah tetangganya yang bangun gegara dengerin alarm berisik kita. Yaa..salaamm..hahhaha.

ATUR JAM TIDUR
dampak-mengerikan-dari-kurang-tidur-dan-sering-begadang
Ingat, karena aktivitas sahur itu juga cukup menyita waktu tidur kita sebaiknya kita jangan begadang. Kalau biasanya suka tidur lewat tengah malam sekarang paksakan diri untuk tidur lebih awal. Tapi kalau memang ternyata harus begadang mungkin bisa disiasati dengan langsung makan sahur agar tidak pusing karena tidurnya nanggung. Tapi jangan lupa untuk matiin alarm ya, sebab kalau sampai lupa ya..sama aja tetep pusing pas bangun matiin alarm. Okey !

MINTA BANTUAN ORANG LAIN
528156_10151006939277870_1346273790_n
Nah ada kan type orang yang “ngebo” atau “bangke” karena sangking susahnya bangun. Meski alarm bunyi seperti apapun tetap saja tidur. Type seperti ini harus minta bantuan orang lain untuk bangunin. Tapi jangan sampai juga kita tidur ditempat tertutup.. Karena kalau orang yang kita bantuin buat banguninnya cuman bisa ketok-ketok pintu mah percuma. Sampai jari berdarah-darah paling tetep aja ngorok. Jadi memang orang yang kita minta bantuin untuk bangunin kita harus punya akses leluasa. Leluasa dekatin kita, goyang-goyang badan kita, nyumpetin hidung kita, atau kalau perlu buat nyiram air ke kita. Hahahaa..

Itu tadi tips-tips dari saya atas pengalaman pribadi. Tidak sepenuhnya yang saya tulis benar dan bisa dipraktekkan. Yang jelas, selamat menunaikan ibadah puasa ya kawan. Maaf lahir batin buat semuanya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *