Akal

Saya pernah mengalami masa buruk dan penuh tekanan dalam hidup saya. Rasanya semua beban terpikul dipundak saya dan tak ada celah sedikitpun buat saya berjalan. 
Berat !! Saya fikir, lebih baik saya pergi saja dari masalah ini..biar semuanya berakhir saat itu juga. Saya masih ingat Tuhan. Tapi setiap saya mengadu, tak ada jawaban dari kesulitan itu Dia berikan ke saya. 
Hingga suatu ketika Bapak saya yang teramat sangat bijak memberikan sebuah pesan singkat ke telpon seluler saya seolah tau kegalauan hati saya saat itu.
” Ada masalah yang tidak bisa diselesaikan dengan akal. Dan satu-satunya cara adalah tawakal. Jika usaha menurutmu sudah kamu lakukan,dan doa sudah kamu panjatkan. Biar Tuhan yang mengatur dan memutuskan apa yang terbaik”
Lalu saya merenung….
Dari pesan itu saya jadi berfikir, bahwa mungkin memang Tuhan tidak akan memberikan jawaban kepada saya. Tapi Dia memutuskan sesuatu. Mungkin apa yang Dia putuskan tidak sesuai dengan harapan saya, tapi kita harus yakin bahwa itu yang terbaik.
Manusia itu hanya makhluk dengan banyak kelemahan. Tapi seringkali ngotot dan bersikeras seolah mampu mengendalikan semuanya. Manusia berfikir bahwa jika dia sudah berusaha keras dan berdo’a pasti tujuannya tercapai. Padahal Maha Penentu hanyalah Tuhan. Dan Tuhan tau pasti yang kita butuhkan…..meskipun tahu juga apa yang kita inginkan. 
Percayalah…bahwa hidup sudah sangat adil. Kita tinggal menjalani saja sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku. Jika dalam kenyataannya kita mendapati hukum sangat tidak adil pada kita, coba telaah.
 Hukum apa yang tidak adil ??
 Pasti hukum dunia. !!
Jelas…..hukum di dunia diciptakan oleh manusia, dijalankan oleh manusia…tentu saja banyak kekurangan dan tidak bisa adil.
 Sebab yang haq dan adil hanya milik Alloh SWT semata.
Dedicated to my best friend….
Jangan terpuruk….belajar bersyukur. And everything gonna be oke !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *